Sabtu, 21 Maret 2009

Semua Pasti Berlalu

Smart Happiness 19 Maret 2009

Seorang raja mendatangi seorang bijak untuk minta nasehat bagaimana caranya supaya selalu bahagia. Karena seorang raja, mintanya yang praktis-praktis saja, cukup satu kalimat saja, nggak perlu harus dengan membaca buku. Akhirnya orang bijak memberikan sebuah cincin yang bertulis “Semua pasti berlalu”. Lihatlah cincin itu setiap kali mengalami kesedihan, juga ketika mengalami kesenangan.
Selanjutnya tentu muncul pertanyaan, bagaimana mengabadikan kebahagiaan? Caranya adalah menghadirkan kesadaran bahwasanya manusia pada hakikatnya adalah makhluk spiritual yang hadir di bumi dalam dimensi fisik. Pada hakikatnya kita tidak pernah memiliki sesuatu, kita hadir tidak membawa apa-apa, demikian juga pergi hanya dengan membawa kain kafan. Kita hanya memiliki hak guna pakai, jadi nikmatilah apa yang ada. Ciri-ciri orang yang bahagia adalah yang memiliki ketenangan, kedamaian dan rasa syukur.
Bagaimana supaya kita bisa selalu berfikir positif, jagalah informasi yang masuk dalam fikiran kita, adalah informasi yang positif. Pikiran kita hanya bisa melihat satu sisi saja, kalau kita fokus pada yang positif, maka yang negatif akan hilang. Penyebab sakit 30% adalah berasal dari makanan, dan 70% adalah karena pikiran.
Apakah kita menunggu kesuksesan dulu untuk bisa bahagia? Tidak. Bahagia dulu baru sukses, lihatlah apa yang sudah kita miliki, bukan yang belum kita miliki. Kalau kita mensyukuri apa yang kita miliki saat ini, maka kita akan mencapai sesuatu yang belum kita miliki.
Karena semua pasti berlalu, maka nikmatilah apa yang ada saat ini.

Tidak ada komentar: